LSM ALIM Gelar Diskusi Publik


Percepat Penyediaan Air Minum,  LSM ALIM Gelar Diskusi Publik

Air minum merupakan salah satu kebutuhan dasar penduduk yang perlu di upayakan agar senantiasa tersedia dalam jumlah yang cukup merata dan mutu yang baik.

Ketua Umum LSM ALIM Hj. Syahniar Usman, Ketua LSM ALIM Kherjuli dan Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau Ir. Nur Syafriadi dalam temu ramah penyampaian permohonan sebagai salah satu Narasumber Diskusi Publik

Dalam rangka percepatan penyediaan air minum bagi penduduk Tanjungpinang dan Kepulauan Riau pada umumnya serta untuk mencapai milnium development goals, maka masyarakat perlu diberi peran sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam penyusunan kebijakan publik di daerah. Tidak saja dalam penyusunannya saja tetapi juga implementasinya.

Sejak tahun 2005 lalu, LSM ALIM tidak bosan-bosannya memberikan masukan kepada semua pihak terutama kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah agar percepatan penyediaan air minum di Ibukota Provinsi Kepri ini bisa segera diupayakan.

Ada beberapa alasan agar percepatan penyediaan air minum di Ibukota Provinsi Kepri ini harus segera diupayakan, pertama karena jumlah penduduk Tanjungpinang yang mengakses air PDAM baru sekitar 41 persen saja. Itupun belum optimal dan masih banyak pelanggan yang harus menunggu dan bahkan tidak mendapatkan air sama sekali. Hal itu semaikin diperburuk dengan terus bertambahnya jumlah penduduk sementara ketersediaan air baku PDAM cenderung menurun.

Kedua, sebagai Pusat Pemerintahan dan Ibukota Provinsi Kepri tentunya Pelayanan Publik di Tanjungpinang harus lebih baik dari sebelumnya. Ketiga, sebagai kawasan FTZ, Tanjungpinang dan Bintan harus memiliki infrastruktur dasar (air minum) yang memadai. Kalau tidak, jangankan Investor asing, Investor dalam negeri juga enggan berinvestasi disini.

Diminta ataupun tidak, LSM ALIM akan selalu menyuarakan realitas yang terjadi ditengah-tengah masyarakat Tanjungpinang saat ini. Masyarakat dari dulu sangat mendambakan agar kebutuhan dasar publik ini bisa dipenuhi dalam jumlah yang cukup merata dan kwalitas yang lebih baik.

Untuk mengakomodir semua kepentingan yang terkait dengan air maka LSM ALIM pekan depan akan menggelar Diskusi Publik yang diberi tema partisipasi masyarakat dalam penyusunan kebijakan publik di daerah dalam rangka percepatan penyediaan air minum di Tanjungpinang. Kita akan undang pihak-pihak terkait duduk satu meja mendiskusi hal itu. Hasilnya akan kita serahkan kepada Pemda.

Diskusi Publik itu didukung oleh Kementerian Dalam Negeri. Mereka  terus menerus memperhatikan kiprah LSM ALIM, selain karena memang masalah air menjadi issu penting, LSM ALIM juga dinilai sudah banyak berbuat untuk daerah ini dan merupakan satu-satunya LSM yang bergerak di bidang air di Kepri.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Juli 15, 2010, in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: