PDAM: Sambungan Baru Dilayani 2011


PDAM: Sambungan Baru Dilayani 2011

Ditulis oleh Redaksi , Senin, 05 Juli 2010 09:04

TANJUNGPINANG(BP) – Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri Abdul Kholik Pazdawani mengaku, pihaknya baru bisa melayani sambungan baru, minimal satu sampai dua tahun lagi. Padahal saat ini saja sudah ribuan calon pelanggan masuk dalam daftar tunggu (waiting list) PDAM. Selain masyarakat, sejumlah pengembang perumahan, khususnya yang kini sedang mengembangkan perumahan di kawasan Batu 9 ke atas, termasuk dalam daftar tunggu PDAM.

”Begitu juga dengan perumahan yang baru akan dibangun, juga sudah mendaftarkan diri untuk menjadi pelanggan PDAM. Mereka sudah meminta rekomendasi untuk mendapatkan pelayanan air bersih dari PDAM,” sebutnya, Sabtu (3/7).  Tapi Diutarakan Kholik, saat ini PDAM baru bisa melayani sekitar 45 persen dari jumlah warga Tanjungpinang dan Bintan atau sekitar 17 ribuan pelanggan yang terlayani PDAM. ”Masih jauh dari ideal,” kata Kholik.

Ditanya apa kendala PDAM untuk melayani calon pelanggan dalam waktu dekat, Kholik mengatakan saat ini manajemen PDAM masih terfokus pada upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan untuk pelanggan yang sudah ada.  ”Namun, ke depan manajemen sudah mempersiapkan sejumlah program, baik jangka pendek, menengah dan panjang. Untuk melayani calon pelanggan yang jumlahnya ribuan tersebut. Barangkali 1 tahun atau 2 tahun lagi,” ujar Kholik.

Kemungkinan itupun, sebut Kholik, tergantung dari upaya jangka pendek yang kini tengah dilakukan PDAM, yaitu membuat interkoneksi antara Waduk Seipulai dengan Seigesek dan membangun instalasi pengolahan air baru serta jaringan perpipaannya. Jika langkah yang sudah mulai dilaksanakan ini bisa terwujud dalam waktu 1 tahun. Maka, bisa dilayani sekitar 8.000-an pelanggan baru. Karena kapasitas air dari Seigesek sekitar 150 liter per detik. ”Mudah-mudahan 2011 sudah terwujud sehingga kita mulai bisa melayani yang waiting list. Sehingga target mampu melayani 80 persen masyarakat perkotaan bisa terpenuhi,” jelasnya.

Ketua Dewan Pengawas PDAM, Andi Anhar Chalid, mengatakan waiting list yang jumlahnya ribuan itu kini masih belum bisa dilayani. Sebab, kapasitas produksi dari PDAM memang belum mencukupi untuk melayaninya. Senada dengan Kholik, Andi Anhar juga menegaskan program jangka pendek yang kini dilaksanakan adalah meningkatkan kualitas pelayanan. Setelah itu baru dipikirkan kemungkinan dilakukannya penyesuaian tarif.

Terkait soal kemungkinan naiknya tarif ini, Ketua LSM Air Lingkungan dan Manusia (Alim), Kherjuli mengatakan, hal itu baru sebatas wacana. Alasannya, hingga kini PDAM dan DPRD Kepri belum pernah membahas usulan kenaikan atau penyesuaian tarif tersebut. Padahal, menurutnya kenaikan tarif air sangat penting. Karena, tujuannya juga untuk meningkatkan pelayanan dan lain-lain. Semakin lambat kenaikan tarif, maka upaya percepatan penyediaan air minum akan semakin tertinggal.

Dalam penilaian Kherjuli, dia setuju dengan prioritas pada peningkatan kualitas pelayanan. Namun, dia lebih sependapat jika dilakukan seiring dengan kenaikan tarif. Jika kenaikan tarif tidak dilakukan ada konsekuensinya, yaitu adanya penyertaan modal dari Pemprov Kepri.

Menurutnya, penyesuaian tarif termasuk salah satu syarat untuk pengajuan restrukturisasi utang PDAM Tirta Kepri kepada Kementerian Keuangan. Data yang dimiliki Alim, PDAM masih memiliki utang sekitar Rp38,6 miliar. Rinciannya, utang pokok sekitar Rp9,9 miliar dan utang non pokok sekitar Rp28,7 miliar. ”Karena tarif tidak full cost recovery, maka PDAM tidak dapat mengikuti program restrukturisasi utang,” bebernya. (git).

Sumber : Harian pagi terbesar di Kepri : Batampos

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Juli 5, 2010, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: