LATIHAN MENJADI SARJANA


LATIHAN MENJADI SARJANA

Mboss, S.Swit

Kata Papah Adek,.. kalo ingin jadi seorang Sarjana yang berkwalitas harus bisa diciptakan sejak dari kecil lagi. Maksud Papa sih, mulai dari kecil jangan malas belajar, membaca dan menulis. Harus rajin dong seperti Adek. Lagi pula kata Papah, harus sering-sering latihan kalo betul-betul ingin jadi Sarjana tangguh dimanapun Ia berada. Artinya ada tiga prinsip seoarang Sarjana yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pertama, harus bisa membuat suatu penelitian. Kedua harus punya wawasan dan ketiga harus bisa mengabdi kepada masyarakat yang membutuhkan pola pikir dan perilaku intelektual kita. Sama sih kalo pingin jadi Haji Mabrur. Tapi kalo hanya pingin cari gelar saja sih gak apa-apa juga. Emangnya Adek pikirin. Adek belum mampu memikirkannya terlalu jauh. Maklum sih, Adek baru belajar jadi Sarjana sih. Lagi pula Adek kadang-kadang sih masih ngompol. Stt……. Maaf ya Om dan Tante dan Abang dan Kakak semuanya. Kalo tersinggung, berarti sama deh seperti Adek. Kemaren Adek tersinggung sama Papah karena Adek pesan Martabak Telor, eh,… gak tahunya Papah pulang nggak bawa apa-apa. Sering sih seperti itu. Papah hanya bilang, “Insya Allah” ya. Eh,.. Bener tu hanya bawa Insya Allah. Setelah Adek di Wisuda, ternyata Adek baru mengerti kalo Papah tu gak punya duit dan harus tetap optimis. Kata Papah sih, jika Allah mengizinkan, satu pabrik Martabak Telurpun bisa dikasiNya. Tapi sudah pasti kita tidak boleh berpangku tangan dan banyak tidur.

Ni kata Papah Adek ya. Adek cuma “COPY PASTE” aja. Jangan salahkan Adek ya. Kan Adek dilindungi oleh Undang-Undang tentang Perlind

ungan Anak. Meskipun demikian, Adek gak boleh sembarangan juga karena di dunia dan akhirat ada aturannya. He he.. itu juga kata Papah Adek juga lho.

Papah bilang, “Tujuan Pendidikan sih atau tujuan Lembaga Perguruan Tinggi bukan saja mencetak Sarjana sebanyak-banyaknya saja tetapi harus BANYAK DAN BERKWALITAS. Kalo banyak saja, ntar susah dapatkan pekerjaan dan menjalankan tiga fungsi utama seperti diatas tadi. Kemu

dian segala sesuatunya juga haruslah sering di latih. Seperti Pencak Silat dan Karate atau ngblog kali ya ? Tapi bener juga sih menurut Adek. Ci ileh…. Adek kan harus berani mengeluarkan pendapat juga. Apalagi Adek masih kecil, jadi harus berani. Apalagi kalo Adek sudah jadi Mahasiswa nanti. Adek harus lebih berani dibanding siswa-siswa. Soalnya kata Papah Adek, jadi Mahasiswa berbeda dengan jadi Siswa SD, SMP dan SLTA. Mahasiswa gak ad

a “Paket B”. Kalo dapat D atau E tidak cukup hanya ujian ulang tuk mendapatkan “B” tetapi harus registrasi ulang dan kuliah satu semester lagi. Berarti hebat jadi Siswa dong ? Kata Papah, hebat jadi Mahasiswa sih. Alasannya, ada kata “MAHA” nya yang bisa Demo kalo ada kebijakan atau sesuatu yang gak beres di negeri ini.

Mboss berhasil latihan jadi Sarjana

Capek juga ya ngomong terus,… Adek mau istirahat dulu ya sebentar. Nanti Adek copy paste lagi kata-kata P

apah yang kadang-kadang Adek menge

rti tapi kadang-kadang Adek gak negerti. Meskipun demikan, Adek gak mau melawan orang tua karena takut berdosa dan gak bisa masuk surga nanti.

Lagi pula Papah sama Mamah kan sudah banyak berjasa mengantar Adek sampai ke pintu di Gerbang TK sehingga Adek bisa di Wisuda menjadi Sarjana yang belum ada titelnya. Kata Papah lagi sih,.. Meskipun Adek belum ada titelnya tetapi jika dipandang dari penampilan Adek ini, sama seperti Sarjana beneran yang titelnya semakin beragam jenisnya.

Pernah suatu hari, Adek minta dikasi titel di photo Adek yang rada-rada genit ini. Tetapi Papah marah. Papah bilang, titel itu gak perlu.

Tetapi kalo mau juga, ya,.. tinggal letak aja sendiri. Kan Adek juga bisa mengedit gambar/photo di komputer. Tapi adek bingung sih mau kasi titel apa yang pantas buat anak sekecil Adek ini. Papah bilang lagi, kasi titel “S.Swit” aja. Artinya kata Papah, Sarjana, Swit… Swit…. Sarjana ye….

Oleh : Kherjuli

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Maret 10, 2010, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: