HEMAT AIR


10 LANGKAH MUDAH MENGHEMAT AIR

 Setiap hariorang Indonesia mengkonsumsi air rata-rat 144 liter!  Separuh darikonsumsi air tersebut adalah untuk mandi.  Demikian survei DirektoratPengembangan Air Minum, Direktorat Jenderal Cipta Karya pada tahun 2006.
Cobasaja terapkan 10 langkah hemat air berikut ini.  Bukan hanya lebih dari70% konsumsi air per hari bisa dihemat, ketersediaan air tanah yangmakin menipis pun bisa dijaga.
LANGKAH 1: Mandi dengan shower, daripada gayung dan bathtub
Mandi dengan gayung bisa menghabiskan seiktar 15 liter air sementara dengan bathtub,paling tidak 100-300 liter air habis.  Dengan pori yang membuat sebaranair lebih luas, menurut Nasrullah Salim, pemerhati masalah energi danlingkungan, shower bisa menghemat air lebih dari 60%.
LANGKAH 2: Matikan kran ketika mencuci tangan, gosok gigi, bahkan ber-wudhu
Batasi konsumsi air dengan gelas atau gayung. Menurut Metropolitan Water District of Southern California (MWDSC), AS, hal ini sanggup menghemat 11 liter air per hari.  Tip dari Komunitas GreenLifestylejuga boleh ditiru.  Sediakan gayung berdiameter 15 cm.  Dengan solderkecil, lubangi dinding gayung bagian bawah.  Penuhi gayung dan gunakankucuran airnya.
LANGKAH 3:  Cuci peralatan makan dan pakaian dengan air tampungan
Untukmembilas alat makan, gunakan air mengalir agar kotoran terbuang. “Pakai shower untuk menghemat,” kata Nasrullah.  Tiap mencuci,kumpulkan alat makan dan pakaian kotor, lantas cuci sekaligus.  Penuhikapasitas maksimal jika memakai mesin.
LANGKAH 4:  Tampung air bekas cucian tanpa deterjen untuk menyiram tanaman atau kloset
MenurutMWDSC, kegiatan ini bisa menghemat 750-1.150 liter air sebulannya. Kita bisa juga menampung air hujan untuk menyiram tanaman, bahkan untukminum setelah diolah terlebih dahulu.
LANGKAH 5:  Kurangi konsumsi barang yang “menyedot” air
Misalnya,kertas, daging, dan nasih putih.  Tahukah kita bahwa produksi selembarkertas ukuran A4 seberat 80 gram membutuhkan 10 liter air?  Produksi 1kg daging sapi menghabiskan 15.500 liter air, sedangkan 1 kg berasputih membutuhkan 3.400 liter air.  Belum lagi air yang digunakan untukmemasak daging dan beras.  Silahkan klik http://www.waterfootprint.org untuk informasi lebih lengkap.
LANGKAH 6:  Gunakan ulang alat makan dan pakaian jika belum terlalu kotor
Kalaukita sering berganti gelas, kita mengkonsumsi air lebih banyak untukmencucinya.  Itu juga berlaku untuk pakaian yang belum kotor karenakeringat atau noda.
LANGKAH 7:  Pakai sedikit deterjen untuk mencuci
“Membilasdeterjen butuh lebih banyak air,” jelas staf divisi program AMPL (AirMinum dan Penyehatan Lingkungan), Dyota Condrorini.  Gunakan sabunbio-degradable dari bahan organik sehingga air bekasnya dapat dipakaiulang setelah disaring dengan sumur resapan.
LANGKAH 8:  Siram tanaman di pagi hari
Jikamenyiram saat siang, matahari akan membuat air menguap sebelumdiserap.  Usahakan menanam di musim hujan saja karena pada awalperkembangannya, tumbuhan membutuhkan lebih banyak air.
LANGKAH 9:  Kurangi frekuensi memotong rumput
Kita bisa menghemat 1.900-5.700 liter per bulan, menurut MWDSC.  Rumput yang lebih pendek butuh lebih banyak air.
LANGKAH 10:  Perbanyak bidang resapan di halaman
Metodeini disebut biopori.  Tujuannya, air meresap ke dalam tanah daripadamengalir di permukaan.  Buat lubang silindris secara vertikal ke dalamtanah dengan diameter 10 cm dan kedalaman 100 cm.  Buat lubang laindengan jarak 50-100 cm dari yang pertama.  Silahkan klik http://www.biopori.com untuk informasi lebih lengkap.

Sumber: Majalah Readers’ Digest Indonesia, Edisi April 2009

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Februari 21, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: