HARI AIR DUNIA 2010 DI KEPRI:


PENTAS AIR PENTAS POLITIK

Menyikapi persoalan krisis air di Ibu Kota Provinsi Kepri dan sempena Hari Air Dunia Ke XVIII 22 Maret 2010 dan menyongsong Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau 2010 yang akan datang, LSM Air, Lingkungan dan Manusia (ALIM) Provinsi Kepri akan mengadakan serangkaian kegiatan dengan puncak acara yang diberi tajuk, “PENTAS AIR, AJANG POLITIK”.
Masyarakat nantinya dapat mendengarkan secara langsung keinginan politik/arah kebijakan atau political will calon Gubernur Kepulauan Riau dalam rangka percepatan penyediaan air minum bagi penduduk dan untuk mencapai target millenium devolepment goals (MDGs) 2015 di Provinsi Kepri, khususnya Tanjungpinang, bila mereka terpilih. Sebab air minum merupakan salah satu kebutuhan dasar yang perlu diupayakan agar senantiasa tersedia dalam jumlah yang cukup merata dan mutu yang baik. Masing-masing calon Gubernur diberi waktu selama 10 menit menyampaikan arah kebijakannya terhadap persoalan air minum itu secara bergantian, yang diselingi dengan pembacaan Syair Air oleh Panitia pelaksana. Syair Air itu sendiri merupakan Syair Air terbaik, hasil lomba mengarang syair air tingkat pelajar se-Kepri yang akan kita gelar dalam waktu dekat ini. Oleh karena itu para calon Gubernur dalam menyampaikan pidato politik diminta mengedepankan estetika dan logika politik sebagai wujud kearifan lokal masyarakat Kepri. Tidak ada debat, tanya jawab dan aksi dukung mendukung dalam acara tersebut. Supaya pesan-pesan tentang air itu bisa disebarluaskan kepada public, maka acara yang akan digelar di Gedung Aisyah Sulaiman itu nantinya akan disiarkan secara langsung melalui RRI dan TV lokal. Ini merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilakukan yang mengusung issu air dalam Pemilukada Gubernur di Indonesia.
Kegiatan tersebut sejalan dengan harapan majelis Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang mengusung tema Hari Air Dunia 2010 ”Communicating Water Quality Challenges and Opportunities” melalui pendekatan politik atau kebijakan Pemerintah untuk memanfaatkan potensi dan memperbaiki kwalitas air bagi mewujudkan kesehatan masyarakat. Saat ini LSM ALIM tengah melakukan berbagai langkah persiapan termasuk menuggu ditetapkannya calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan bertarung dalam pemilukada oleh KPU Provinsi Kepri.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Februari 17, 2010, in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. pak saya cukup tertarik berita2 yang di tampilkan lsm alim
    sukses dan maju terus lsm alim

  2. jadi apa rencana kedepan menghadapi krisis air baku ini dari lsm alim

    • Kita akan desak PEMDA untuk segera melakukan optimalisasi waduk seipulai dan membuat waduk baru. Kemudian kita menghimbau warga untuk melakukan pengawetan air seperti membuat sumur resapan untuk menyimpan air hujan supaya dapat digunakan disaat musim kering dan tidak terlalu bergantungan dengan air PDAM. Terimakasih ya.

  3. jadi tugas laskar air untuk sekarang ini menghadapi krisis air baku apa

  4. Laskar Air saat ini tengah melakukan monitoring partisipatif hidrologis kritis di waduk sungai pulai. Dari waktu ke waktu kita pantau terus debit airnya sembari memantau aktivitas orang/anak-anak yang akan mengambil kayu atau mandi, jaring atau memancing ikan dilokasi waduk tersebut. Sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya pembakaran hutan/kebut di sekitar areal waduk. Disamping itu kita terus mendesak PEMDA untuk segera melakukan optimalisasi waduk seipulai dan mencari sumber air baku baru untuk mengimbangi laju pertumbuhan penduduk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: