TEPUNG KUSOI, KUE MELAYU YANG DIPERHITUNGKAN DUNIA


Oleh : Kherjuli

 Ternyata, untuk membuat penganan (kue-mue) khas Melayu Kepulauan Riau yang diberi nama Tepung Kusoi itu diperlukan sebanyak 1 liter air.

TEPUNG KUSOI, Photo : Kherjuli

Melalui aneka jenis makanan yang ada didunia ini, UN-Water mencoba akan menghitung dan ingin mengetahui apa yang dimakan masyarakat dunia dan butuh berapa air. Ini terkait dengan tema dan issu air 2012 yang diusung PBB, yakni Air Untuk Ketahanan Pangan.

Kantor Resmi PBB (UN-Water) untuk urusan “Hari Air Dunia” telah mengkampanyekan issu air ditahun 2012 dengan mengusung tema “Air untuk Ketahanan Pangan”. Melalui jejaring social Facebook, UN-Water dihalaman statusnya mengimbau masyarakat dunia untuk ikut mengkampanyekan issu tersebut dengan berpartisipasi mengirimkan photo-photo makanan yang pada saat Sarapan pagi, atau makan siang maupun disaat makan malam. Mereka mencoba menghitung berapa jumlah air yang dibutuhkan untuk memenuhi konsumsi pangan dunia.

 Tidak mau ketinggalan moment internasional, Lembaga ALIM (AIR, LINGKUNGAN DAN MANUSIA) ikut berpartisipasi dengan mengirimkan satu jenis makanan tradisional masyarakat Melayu Kepulauan Riau. Mau tahu apa itu ?  yaitu TEPUNG KUSOI.

 Menurut  http://www.butang-emas.net/2009/09/4-penganan-kue-mue-basah-tepung-kusoi.html, untuk membuat penganan (kue-mue) basah itu memerluakan sebanyak 4 gelas air. Sedangkan menurut http://melayuonline.com/ind/culture/dig/1081/tepung-kusoi, dibutuhkan sebanyak 5 gelas air. Dengan demikian kami menyimpulkan, diperlukan sebanyak 4-5 gelas air atau setara dengan1 liter air.

 Bila Anda ingin berpartisipasi dalam event international ini, kirimkan photo makanan dan lebih lanjut segera kunjungi http://www.facebook.com/#!/pages/UN-Water-World-Water-Day/370578007108. Jangan lupa, kalukulasikan sekali berapa liter air yang diperlukan untuk membuat satu jenis makanan tersebut.

 UN-Water halaman Facebook Hari Air Sedunia yang diadakan setiap tahun pada 22 Maret sebagai sarana memfokuskan perhatian pada pentingnya air dan perlindungan air untuk pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan.

About these ads

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on September 10, 2011, in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.285 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: